Kisi-Kisi Ujian Nasional 2009 Edisi Lengkap


1. BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

Membaca

Memahami secara kritis berbagai jenis

wacana tulis/teks nonsastra dan nonteks

(berbentuk grafik/tabel) artikel, tajuk

rencana, laporan, karya ilmiah, teks esai,

biografi, pidato, dan berbagai jenis paragraf

(naratif, deskriptif, argumentatif, eksposisi,

dan persuasif).

Menentukan ide pokok, fakta, dan opini paragraf

Menentukan rangkuman, kalimat pernyataan, dan kalimat

pertanyaan sesuai dengan isi paragraf artikel

Menentukan isi teks biografi

Menentukan jawaban pertanyaan dan simpulan teks

Menentukan masalah, opini, dan keberpihakan penulis tajuk

rencana

Menentukan pernyataan yang tepat dan simpulan isi grafik/tabel

Menentukan persamaan isi dan gagasan penulis tajuk

rencana/editorial

Menentukan kalimat utama dan kalimat sumbang dalam

paragraf

Menentukan kalimat persuasif dalam teks pidato

2.

Menulis

Mengungkapkan gagasan, pendapat, perasaan,

informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif,

eksposisi, argumentatif, persuasif, teks pidato,

artikel, proposal, surat dinas, surat dagang,

rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, dan karya

ilmiah dengan mempertimbangkan kesesuaian isi

dengan konteks, kepaduan, ketepatan struktur, ejaan,

pilihan kata, dan menyunting berbagai jenis wacana

tulis.

Melengkapi paragraf deskriptif yang rumpang

Menyusun kalimat menjadi sebuah paragraf eksposisi

Menentukan kalimat penjelas sesuai dengan topik paragraf

argumentasi

Melengkapi paragraf rumpang

Menentukan rangkuman dialog

Menentukan kalimat simpulan dalam notulen

Memperbaiki kalimat yang tidak efektif

Menentukan kalimat yang tepat dalam surat lamaran pekerjaan

3.

Kebahasaan

Menguasai berbagai komponen kebahasaan dalam

berbagai bentuk tulisan.

Menggunakan kata berimbuhan, frasa

Menentukan pola kalimat

Melengkapi kalimat dengan klausa

Menggunakan kata majemuk, kata bermakna konotasi, kata

bermakna kias, dan kata bermakna umum/khusus dalam kalimat

Memperbaiki ragam kalimat yang tidak resmi

2. BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/KEAGAMAAN)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

Membaca:

Memahami secara kritis berbagai jenis wacana tulis

Menentukan isi dan bagian-bagian paragraf suatu artikel

Menentukan unsur paragraf


NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

teks nonsastra berbentuk grafik, tabel, artikel, tajuk

rencana, laporan, karya ilmiah, teks pidato, berbagai

jenis paragraf (naratif, deskriptif, argumentatif,

persuasif, dan eksposisi), serta teks sastra berbentuk

puisi, hikayat, cerpen, drama, novel, biografi, karya

sastra berbagai angkatan dan sastra Melayu Klasik.

Menentukan isi paragraf, simpulan paragraf, dan arti

istilah/kata dalam paragraf

Menentukan opini dalam tajuk rencana

Menentukan isi grafik, diagram, atau tabel

Menentukan unsur intrinsik dan isi hikayat sastra

Melayu Klasik

Menentukan unsur intrinsik cerpen

Menentukan unsur intrinsik novel

Menentukan masalah yang diungkapkan dan amanat dalam

drama

Menentukan maksud gurindam

Menentukan unsur intrinsik puisi

Menentukan isi kutipan esai

2.

Menulis:

Menentukan kata penghubung yang tepat untuk melengkapi

Menulis, menyunting, dan menggunakan berbagai

paragraf

jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran,

Menentukan kata serapan untuk melengkapi paragraf

gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam

Melengkapi paragraf dengan kata baku

bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi,

Melengkapi paragraf dengan kata berimbuhan

argumentatif, teks pidato, artikel/esai, proposal, surat

dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen,

laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya

sastra berbentuk.

puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan

Melengkapi paragraf deskipsi dengan kalimat yang sesuai

Melengkapi paragraf deskripsi dengan frasa yang sesuai

mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks,

kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata,

dan penggunaan bahasa.

Melengkapi paragraf analogi

Memperbaiki kalimat simpulan generalisasi

Melengkapi paragraf sebab-akibat

Melengkapi silogisme dengan kalimat yang tepat

Melengkapi paragraf narasi

Menyusun kalimat acak menjadi paragraf

Melengkapi teks pidato dengan kalimat persuasif

Menentukan kalimat latar belakang karya tulis

Memperbaiki kalimat yang mengandung kata kias

dalam karya tulis

Menentukan perbaikan kalimat rancu dalam karya

tulis

Menentukan penulisan judul karya tulis yang tepat

Menentukan kalimat yang sesuai dengan konteks

surat (isi dan bagian/struktur) dan penulisan surat

lamaran pekerjaan

Menentukan kalimat resensi

Melengkapi puisi dengan larik yang bermajas

Melengkapi dialog teks drama dengan peribahasa

Menentukan kalimat kritik sastra


3. SASTRA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

Membaca:

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi

dalam kegiatan membaca cerita pendek, novel,

hikayat, puisi, dan drama.

Menentukan unsur-unsur intrinsik novel

Menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen

Menentukan unsur-unsur intrinsik drama

Menganalisis hikayat (legenda, mite, sage, atau fabel)

Menganalisis isi dan penggunaan bahasa dalam puisi

Menentukan unsur ekstrinsik novel

2.

Menulis

Mengungkapkan pengalaman dalam puisi, cerita

pendek, drama, cerita rakyat, menulis resensi, esai

dan kritik sastra serta menulis aksara Arab Melayu.

Mengidentifikasi penulisan kata dalam aksara Arab Melayu dan

mengubah tulisan dalam aksara Arab Melayu ke dalam aksara

Latin atau sebaliknya

Melengkapi puisi dengan memperhatikan majas, diksi, dan rima

Melengkapi kutipan cerpen

Memperbaiki kalimat yang tidak padu dalam kutipan cerpen

Menentukan kalimat resensi

Melengkapi penulisan drama

Menentukan kalimat esai sastra

Menentukan kalimat kritik

3.

Kesastraan

Menguasai komponen-komponan kesastraan dalam

menelaah berbagai karya sastra.

Menganalisis isi dan unsur intrinsik puisi

Menentukan makna peribahasa dan ungkapan

Menganalisis unsur intrinsik cerpen

Menganalisis unsur ekstrinsik novel

4. BAHASA INGGRIS SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/BAHASA/KEAGAMAAN)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1

LISTENING (Mendengarkan)

Memahami makna teks lisan berbentuk teks

fungsional pendek, percakapan dan teks monolog

sederhana berbentuk naratif (narrative, recount,

news item) dan deskriptif (report, descriptive,

explanation) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu dan informasi

rinci dari sebuah percakapan

Memberikan respons yang tepat terhadap percakapan yang

berisi ungkapan simpati, rasa suka/tidak suka, undangan,

permintaan/ pemberian dan penolakan izin, serta kepuasan/

ketidakpuasan yang diperdengarkan

Menentukan gambar yang tepat sesuai dengan informasi yang

ada di dalam percakapan

Menentukan gambar yang sesuai dengan teks monolog yang

diperdengarkan

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu,dan informasi

rinci dari sebuah teks monolog yang diperdengarkan

2.

READING (Membaca)

Memahami nuansa makna di dalam teks tertulis

seperti teks fungsional pendek dan esai berbentuk

naratif (narrative, recount, news item), deskriptif

(report, descriptive, explanation) dan argumentatif

(exposition, discussion) dalam konteks kehidupan

sehari-hari.

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, informasi

rinci tersurat, informasi rinci tersirat, makna kata dari teks

tertulis seperti teks fungsional pendek berbentuk announcement

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, makna kata,

tujuan komunikatif dari teks tertulis fungsional pendek

berbentuk letter

Menentukan informasi tertentu, gambaran umum, makna kata,

tujuan komunikatif dari teks tertulis fungsional pendek

berbentuk advertisement/brochure

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, informasi

rinci tersurat, pikiran utama paragraf tertentu, pesan moral,

tujuan komunikatif, makna kata informasi tersirat, rujukan kata

dari teks tertulis berbentuk essai narrative

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, informasi


NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

rinci tersurat, makna kata dari teks tertulis berbentuk news item

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, informasi

rinci tersurat, pikiran utama, makna kata, informasi tertentu dari

teks tertulis berbentuk recount

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, tujuan

komunikasi, informasi rinci tersurat dari teks esai berbentuk

report

Menentukan gambaran umum, makna kata, informasi tertentu,

informasi rinci tersurat dari teks esai berbentuk descriptive

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, tujuan

komunikasi, informasi rinci, makna kata dari teks esai berbentuk

exposition

Menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat,

informasi tertentu, makna kata, informasi tersirat dari teks esai

berbentuk discussion

Menentukan gambaran umum, rujukan kata dari teks esai

tertulis berbentuk message


v\:* {behavior:url(#default#VML);}
o\:* {behavior:url(#default#VML);}
w\:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}
<!– /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:””; margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:none; text-autospace:none; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”; mso-fareast-font-family:”Times New Roman”; mso-no-proof:yes;} @page Section1 {size:612.0pt 792.0pt; margin:58.0pt 45.75pt 22.1pt 59.25pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:24.55pt; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} @page Section2 {size:612.0pt 792.0pt; margin:58.0pt 47.1pt 22.1pt 57.9pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:24.55pt; mso-paper-source:0;} div.Section2 {page:Section2;} @page Section3 {size:612.0pt 792.0pt; margin:58.0pt 47.1pt 22.1pt 57.9pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:24.55pt; mso-paper-source:0;} div.Section3 {page:Section3;} @page Section4 {size:612.0pt 792.0pt; margin:58.0pt 47.1pt 22.4pt 57.9pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:24.55pt; mso-paper-source:0;} div.Section4 {page:Section4;} @page Section5 {size:612.0pt 792.0pt; margin:58.0pt 46.6pt 22.4pt 58.4pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:24.55pt; mso-paper-source:0;} div.Section5 {page:Section5;} @page Section6 {size:612.0pt 792.0pt; margin:58.0pt 46.6pt 22.1pt 58.4pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:24.55pt; mso-paper-source:0;} div.Section6 {page:Section6;} @page Section7 {size:612.0pt 792.0pt; margin:58.0pt 46.6pt 22.4pt 58.4pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:24.55pt; mso-paper-source:0;} div.Section7 {page:Section7;} @page Section8 {size:612.0pt 792.0pt; margin:58.0pt 46.6pt 22.4pt 58.4pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:24.55pt; mso-paper-source:0;} div.Section8 {page:Section8;} @page Section9 {size:612.0pt 792.0pt; margin:58.0pt 46.6pt 22.1pt 58.4pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:24.55pt; mso-paper-source:0;} div.Section9 {page:Section9;} @page Section10 {size:612.0pt 792.0pt; margin:58.0pt 45.75pt 22.1pt 59.25pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:24.55pt; mso-paper-source:0;} div.Section10 {page:Section10;} @page Section11 {size:612.0pt 792.0pt; margin:58.0pt 46.6pt 22.4pt 58.4pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:24.55pt; mso-paper-source:0;} div.Section11 {page:Section11;} @page Section12 {size:612.0pt 792.0pt; margin:58.0pt 46.6pt 22.1pt 58.4pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:24.55pt; mso-paper-source:0;} div.Section12 {page:Section12;} @page Section13 {size:612.0pt 792.0pt; margin:58.0pt 47.1pt 22.1pt 57.9pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:24.55pt; mso-paper-source:0;} div.Section13 {page:Section13;} @page Section14 {size:612.0pt 792.0pt; margin:58.0pt 47.1pt 22.1pt 57.9pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:24.55pt; mso-paper-source:0;} div.Section14 {page:Section14;} @page Section15 {size:612.0pt 792.0pt; margin:58.0pt 49.05pt 22.1pt 24.95pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:24.55pt; mso-paper-source:0;} div.Section15 {page:Section15;} /* List Definitions */ @list l0 {mso-list-id:152552398; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:1523117744;} @list l0:level1 {mso-level-start-at:6; mso-level-number-format:alpha-lower; mso-level-tab-stop:3.6pt; mso-level-number-position:left; margin-left:0cm; text-indent:0cm; color:black;} @list l1 {mso-list-id:226113575; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:635661719;} @list l1:level1 {mso-level-start-at:2; mso-level-text:”\(%1\)”; mso-level-tab-stop:57.6pt; mso-level-number-position:left; margin-left:57.6pt; text-indent:-28.8pt; color:black;} @list l2 {mso-list-id:248872430; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:2090602875;} @list l2:level1 {mso-level-start-at:4; mso-level-tab-stop:14.4pt; mso-level-number-position:left; margin-left:10.8pt; text-indent:0cm; color:black;} @list l3 {mso-list-id:382489323; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:1997189387;} @list l3:level1 {mso-level-number-format:alpha-lower; mso-level-tab-stop:43.2pt; mso-level-number-position:left; margin-left:25.2pt; text-indent:0cm; color:black;} @list l4 {mso-list-id:509416129; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:1377818862;} @list l4:level1 {mso-level-start-at:4; mso-level-number-format:alpha-lower; mso-level-tab-stop:43.2pt; mso-level-number-position:left; margin-left:43.2pt; text-indent:-18.0pt; color:black;} @list l5 {mso-list-id:611744955; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:364767697;} @list l5:level1 {mso-level-start-at:3; mso-level-text:”\(%1\)”; mso-level-tab-stop:25.2pt; mso-level-number-position:left; margin-left:25.2pt; text-indent:-25.2pt; color:black;} @list l6 {mso-list-id:636187100; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:1032538096;} @list l6:level1 {mso-level-number-format:alpha-lower; mso-level-tab-stop:18.0pt; mso-level-number-position:left; margin-left:0cm; text-indent:0cm; color:black;} @list l7 {mso-list-id:666616340; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:319997058;} @list l7:level1 {mso-level-start-at:16; mso-level-tab-stop:18.0pt; mso-level-number-position:left; margin-left:0cm; text-indent:0cm; color:black;} @list l8 {mso-list-id:711604161; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:1576082874;} @list l8:level1 {mso-level-number-format:alpha-lower; mso-level-tab-stop:28.8pt; mso-level-number-position:left; margin-left:0cm; text-indent:0cm; color:black;} @list l9 {mso-list-id:742571000; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:1988309143;} @list l9:level1 {mso-level-text:”\(%1\)”; mso-level-tab-stop:25.2pt; mso-level-number-position:left; margin-left:0cm; text-indent:0cm; color:black;} @list l10 {mso-list-id:763934755; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:566455342;} @list l10:level1 {mso-level-start-at:7; mso-level-tab-stop:18.0pt; mso-level-number-position:left; margin-left:0cm; text-indent:0cm; color:black;} @list l11 {mso-list-id:820853770; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:271867238;} @list l11:level1 {mso-level-number-format:alpha-lower; mso-level-tab-stop:21.6pt; mso-level-number-position:left; margin-left:21.6pt; text-indent:-21.6pt; color:black;} @list l12 {mso-list-id:822660420; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:1571404769;} @list l12:level1 {mso-level-text:”\(%1\)”; mso-level-tab-stop:32.4pt; mso-level-number-position:left; margin-left:0cm; text-indent:0cm; color:black;} @list l13 {mso-list-id:838436199; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:1006680260;} @list l13:level1 {mso-level-start-at:7; mso-level-text:”\(%1\)”; mso-level-tab-stop:25.2pt; mso-level-number-position:left; margin-left:25.2pt; text-indent:-25.2pt; color:black;} @list l14 {mso-list-id:841413693; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:145732581;} @list l14:level1 {mso-level-start-at:19; mso-level-tab-stop:18.0pt; mso-level-number-position:left; margin-left:0cm; text-indent:0cm; color:black;} @list l15 {mso-list-id:966467292; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:808968814;} @list l15:level1 {mso-level-number-format:alpha-lower; mso-level-tab-stop:43.2pt; mso-level-number-position:left; margin-left:25.2pt; text-indent:0cm; color:black;} @list l16 {mso-list-id:975651799; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:280940974;} @list l16:level1 {mso-level-number-format:alpha-lower; mso-level-tab-stop:43.2pt; mso-level-number-position:left; margin-left:25.2pt; text-indent:0cm; color:black;} @list l17 {mso-list-id:983214541; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:1886344110;} @list l17:level1 {mso-level-start-at:4; mso-level-text:”\(%1\)”; mso-level-tab-stop:25.2pt; mso-level-number-position:left; margin-left:0cm; text-indent:0cm; color:black;} @list l18 {mso-list-id:1061294592; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:297907889;} @list l18:level1 {mso-level-text:”\(%1\)”; mso-level-tab-stop:25.2pt; mso-level-number-position:left; margin-left:0cm; text-indent:0cm; color:black;} @list l19 {mso-list-id:1160056032; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:1262314759;} @list l19:level1 {mso-level-number-format:alpha-lower; mso-level-tab-stop:43.2pt; mso-level-number-position:left; margin-left:43.2pt; text-indent:-18.0pt; color:black;} @list l20 {mso-list-id:1182074918; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:894752027;} @list l20:level1 {mso-level-number-format:alpha-lower; mso-level-tab-stop:43.2pt; mso-level-number-position:left; margin-left:25.2pt; text-indent:0cm; color:black;} @list l21 {mso-list-id:1303175982; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:582744680;} @list l21:level1 {mso-level-number-format:alpha-lower; mso-level-tab-stop:36.0pt; mso-level-number-position:left; margin-left:18.0pt; text-indent:0cm; color:black;} @list l22 {mso-list-id:1484704250; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:2100150713;} @list l22:level1 {mso-level-start-at:2; mso-level-tab-stop:93.6pt; mso-level-number-position:left; margin-left:93.6pt; text-indent:-18.0pt; color:black;} @list l23 {mso-list-id:1491297111; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:370532328;} @list l23:level1 {mso-level-text:”\(%1\)”; mso-level-tab-stop:25.2pt; mso-level-number-position:left; margin-left:25.2pt; text-indent:-25.2pt; color:black;} @list l24 {mso-list-id:1551849922; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:498583456;} @list l24:level1 {mso-level-start-at:2; mso-level-text:”\(%1\)”; mso-level-tab-stop:25.2pt; mso-level-number-position:left; margin-left:0cm; text-indent:0cm; color:black;} @list l25 {mso-list-id:1773625683; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:469053598;} @list l25:level1 {mso-level-start-at:5; mso-level-text:”\(%1\)”; mso-level-tab-stop:18.0pt; mso-level-number-position:left; margin-left:0cm; text-indent:0cm; color:black;} @list l26 {mso-list-id:1856504698; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:764101535;} @list l26:level1 {mso-level-start-at:8; mso-level-text:”\(%1\)”; mso-level-tab-stop:25.2pt; mso-level-number-position:left; margin-left:0cm; text-indent:0cm; color:black;} @list l27 {mso-list-id:1880127509; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:1467457680;} @list l27:level1 {mso-level-number-format:alpha-lower; mso-level-tab-stop:43.2pt; mso-level-number-position:left; margin-left:25.2pt; text-indent:0cm; color:black;} @list l28 {mso-list-id:1917556636; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:305634545;} @list l28:level1 {mso-level-number-format:alpha-lower; mso-level-tab-stop:43.2pt; mso-level-number-position:left; margin-left:25.2pt; text-indent:0cm; color:black;} @list l29 {mso-list-id:1927697105; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:109400617;} @list l29:level1 {mso-level-number-format:alpha-lower; mso-level-tab-stop:46.8pt; mso-level-number-position:left; margin-left:46.8pt; text-indent:-18.0pt; color:black;} @list l30 {mso-list-id:1994565939; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:1133206211;} @list l30:level1 {mso-level-start-at:6; mso-level-text:”\(%1\)”; mso-level-tab-stop:25.2pt; mso-level-number-position:left; margin-left:25.2pt; text-indent:-25.2pt; color:black;} @list l31 {mso-list-id:2132105482; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:1769796209;} @list l31:level1 {mso-level-tab-stop:25.2pt; mso-level-number-position:left; margin-left:25.2pt; text-indent:-25.2pt; color:black;} @list l32 {mso-list-id:2141229143; mso-list-type:simple; mso-list-template-ids:479354350;} @list l32:level1 {mso-level-start-at:3; mso-level-text:”\(%1\)”; mso-level-tab-stop:28.8pt; mso-level-number-position:left; margin-left:28.8pt; text-indent:-28.8pt; color:black;} ol {margin-bottom:0cm;} ul {margin-bottom:0cm;} –>
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”;
mso-ansi-language:#0400;
mso-fareast-language:#0400;
mso-bidi-language:#0400;}

5. BAHASA ARAB SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

Membaca:

Memahami berbagai ragam wacana tulis sederhana

dalam bentuk paparan dan/atau dialog sederhana

tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan

keluarga, hobi/kegemaran, pekerjaan, wisata,

layanan umum (rumah sakit, kantor pos).

Menentukan informasi dari bacaan/dialog sederhana tentang

identitas diri

Menjelaskan makna kosakata dalam percakapan tentang

identitas diri

Menentukan informasi dari bacaan/dialog sederhana tentang

kehidupan sekolah

Menjelaskan makna kosakata dalam bacaan tentang kehidupan

sekolah.

Menentukan informasi dari wacana sederhana tentang

kehidupan keluarga

Menjelaskan makna kosakata dalam percakapan tentang

kehidupan keluarga

Menentukan informasi dari wacana sederhana tentang hobi /

kegemaran.

Menentukan ungkapan/ta’bir tentang hobi / kegemaran.

Menjelaskan makna kosakata dalam bacaan tentang

hobi/kegemaran.

Menentukan informasi dari wacana/dialog sederhana tentang

pekerjaan.

Menjelaskan makna kosakata/ungkapan dalam bacaan tentang

pekerjaan

Menentukan informasi dari wacana/dialog sederhana tentang

wisata.

Menjelaskan makna kosakata dalam bacaan tentang wisata

Menentukan informasi dari wacana/dialog sederhana tentang

rumah sakit

Menjelaskan makna kosakata dalam bacaan tentang rumah sakit


NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

Menentukan informasi dari wacana/dialog sederhana tentang

layanan umum (kantor pos)

2.

Menulis:

Mengungkapkan pendapat, perasaan dan pikiran

secara tertulis dengan menggunakan ungkapan

komunikatif, kosakata, dan struktur/pola kalimat

yang tepat tentang identitas diri, kehidupan sekolah,

kehidupan keluarga, hobi/kegemaran, pekerjaan,

wisata, layanan umum (rumah sakit, kantor pos).

Menggunakan ungkapan-ungkapan tentang identitas diri

Menggunakan kalimat dan ungkapan komunikatif yang

mengandung huruf jarr dan isim isyarah

Menyusun struktur/pola kalimat yang tepat yang mengandung

isim istifham, isim mufrad/mutsanna/jama’

Menentukan ungkapan / ta’bir tentang hobi / kegemaran.

Menyusun struktur/pola kalimat yang tepat dan komunikatif

tentang hobi / kegemaran

Menyusun struktur/pola kalimat yang tepat dan komunikatif

tentang pekerjaan.

Menyusun struktur/pola kalimat yang tepat dan komunikatif

tentang wisata

Menggunakan ungkapan yang tepat dalam kalimat sederhana

tentang wisata

Menyusun struktur/pola kalimat yang tepat dan komunikatif

tentang seni budaya

Menggunakan ungkapan perintah dalam transaksi dalam

layanan umum (kantor pos)

6. BAHASA JEPANG SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

MEMBACA

Memahami berbagai ragam wacana tulis sederhana

dalam bentuk paparan atau dialog tentang identitas

diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga,

kehidupan sehari-hari, kegemaran, pariwisata yang

ditulis dalam huruf kana (hiragana, katakana) dan

beberapa huruf kanji.

Mengidentifikasi berbagai ungkapan komunikatif

Memperoleh informasi umum, informasi tertentu, dan atau rinci

dari wacana tertulis

Menyusun kalimat

Menentukan generik (kelompok) kata

Menentukan arti kanji

2.

MENULIS

Mengungkapkan pendapat, perasaan/pikiran dan

informasi secara tertulis dengan menggunakan

ungkapan komunikatif, kosa kata dan struktur/pada

kalimat yang tepat tentang identitas diri, kehidupan

sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,

kegemaran, pariwisata yang ditulis dengan huruf

kana (hiragana, katakana) dan beberapa huruf kanji.

Menentukan berbagai ungkapan/kalimat komunikatif

Menentukan kata kerja

Menentukan kata bilangan

Menentukan kata sifat

Menentukan kalimat tanya

Menentukan kata keterangan, kata sambung, kata bantu, kata

benda

Menentukan cara baca kanji yang tepat

Menentukan kanji yang tepat dari suatu kata yang ditulis dalam

hiragana

Menyusun kalimat

Menentukan generik (kelompok) kata


7. BAHASA JERMAN SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

MEMBACA

Memahami berbagai ragam wacana tulis sederhana

dalam bentuk paparan dan atau dialog tentang

identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan

keluarga, hobby dan waktu senggang, pekerjaan,

wisata.

Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci

dari wacana tulis dalam tema identitas diri

Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci

dari wacana tulis dalam tema kehidupan sekolah

Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci

dari wacana tulis dalam tema kehidupan keluarga

Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci

dari wacana tulis dalam tema kegemaran/hobi

Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci

dari wacana tulis dalam tema pekerjaan

Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci

dari wacana tulis dalam tema wisata

2.

MENULIS

Mengungkapkan pendapat, perasaan dan pikiran

secara tertulis dengan menggunakan ungkapan

komunikatif, kosa kata dan struktur/pola kalimat

yang tepat tentang identitas diri, kehidupan sekolah,

kehidupan keluarga, hobby dan waktu senggang,

pekerjaan, wisata.

Menentukan ungkapan komunikatif /kosa kata yang tepat dalam

percakapan sederhana tema identitas diri

Menentukan ungkapan komunikatif/kosakata yang tepat dalam

percakapan tulis sederhana tema kehidupan sekolah

Menentukan ungkapan komunikatif/kosa kata yang tepat dalam

percakapan sederhana tema kehidupan keluarga

Menentukan ungkapan komunikatif/kosakata yang tepat dalam

percakapan sederhana tema kegemaran/hobi

Menentukan ungkapan komunikatif/kosakata yang tepat dalam

percakapan sederhana tema pekerjaan

Menentukan ungkapan komunikatif/kosakata yang tepat dalam

percakapan sederhana tema wisata

8. BAHASA PRANCIS SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1

MEMBACA

Memahami berbagai ragam wacana tulis sederhana

dalam bentuk paparan dan atau dialog, tentang

identitas diri, kehidupan sekolah, hobi dan kegiatan

di waktu senggang, kehidupan keluarga, pekerjaan,

wisata.

Menentukan informasi dari sebuah wacana tulis

Menentukan simpulan dari sebuah wacana tulis

Menentukan gambar yang sesuai dengan pernyataan yang

diberikan

Menentukan gambar yang sesuai dengan kalimat yang

menyatakan keadaan

Menentukan sinonim/antonim dari kata yang diberikan

berdasarkan konteks

Menentukan kata ganti

2.

MENULIS

Mengungkapkan pendapat, perasaan dan pikiran

Melengkapi percakapan dengan Ungkapan komunikatif


NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

secara tertulis dengan menggunakan ungkapan

komunikatif, kosa kata dan struktur/ pola kalimat

yang tepat, tentang identitas diri, kehidupan sekolah,

hobi dan kegiatan di waktu senggang, kehidupan

keluarga, pekerjaan, wisata.

Menentukan ungkapan yang menyatakan jumlah/kuantitas

Menentukan gambar yang sesuai dengan kalimat yang

menyatakan keadaan suatu benda, seseorang atau peristiwa

Melengkapi percakapan dengan ungkapan yang menyatakan

kepemilikan

Melengkapi percakapan dengan kalimat négatif/interogatif

Melengkapi percakapan dengan ungkapan yang menyatakan

kala

9. BAHASA MANDARIN SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

MEMBACA

Memahami berbagai ragam wacana tulis sederhana

dalam bentuk paparan dan atau dialog tentang

kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kegemaran,

wisata, pekerjaan.

Menentukan ejaan bahasa Mandarin (Hanyu pinyin)

Menentukan kalimat yang tepat sesuai dengan kaidah struktur

bahasa Mandarin

Menentukan berbagai ungkapan yang tepat sesuai dengan tema

dari wacana

Menentukan jawaban dengan tepat, sesuai dengan isi wacana

2.

MENULIS

Mengungkapkan pendapat, perasaan dan pikiran

secara tertulis dengan menggunakan kosakata,

ungkapan komunikatif dan struktur/pola kalimat

yang tepat tentang identitas diri, kehidupan sekolah,

kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,

kegemaran, wisata, pekerjaan dan layanan umum.

Menentukan unsur-unsur yang berkaitan dengan penulisan

aksara Han (Hanzi: bihua, bishun, bushou)

Menentukan kata benda, kata ganti, kata kerja, kata bantu

bilangan, kata bilangan, kata sifat, kata waktu, kata bantu

bertanya, kata sambung yang tepat sesuai tema atau gambar

yang disajikan

10. MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

Memahami pernyataan dalam matematika dan

ingkarannya, mampu menentukan nilai kebenaran

pernyataan majemuk, serta mampu menggunakan

prinsip logika matematika dalam pemecahan

masalah.

Menentukan negasi pernyataan yang diperoleh dari

penarikan kesimpulan

2.

Memahami konsep yang berkaitan dengan aturan

pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar

sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat,

persamaan lingkaran dan persamaan garis

singgungnya, suku banyak, sistem persamaan linear,

program linear, matriks, vektor, transformasi

geometri, barisan dan deret, serta mampu

menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma

Menentukan kedudukan garis lurus terhadap grafik

fungsi kuadrat (parabola)

Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar

persamaan kuadrat

Menentukan persamaan kuadrat baru

Menentukan persamaan garis singgung lingkaran

Menentukan komposisi dua fungsi dan fungsi invers

Menentukan sisa pembagian atau hasil bagi

Menyelesaikan masalah sistem persamaan linear

Menyelesaikan masalah program linear

Menyelesaikan operasi matriks


NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

Menentukan sudut antara dua vektor

Menentukan panjang proyeksi dan vektor proyeksi

Menentukan bayangan titik atau garis karena dua

transformasi

Menentukan fungsi invers dari fungsi eksponen dan

logaritma

Menentukan suku ke-n dari deret aritmetika

Menentukan unsur yang belum diketahui dari

hubungan deret aritmetika dan geometri.

3

Memahami sifat dan atau geometri dalam

menentukan kedudukan titik, garis dan bidang, jarak

dan sudut.

Menghitung jarak dan sudut antara dua objek (titik,

garis, dan bidang) di ruang

4.

Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan,

dan identitas trigonometri, melakukan manipulasi

aljabar untuk menyusun bukti serta mampu

menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Menggunakan aturan sinus dan kosinus untuk

menghitung unsur pada segi banyak

Menentukan volume bangun ruang dengan

menggunakan aturan sinus dan kosinus

Menentukan himpunan penyelesaian persamaan

trigonometri

Menghitung nilai perbandingan trigonometri dengan

menggunakan rumus jumlah dan selisih dua sudut

serta jumlah dan selisih sinus, kosinus, dan tangen

5.

Memahami konsep limit, turunan, dan integral dari

fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, serta mampu

menerapkannya dalam pemecahan masalah.

Menghitung nilai limit fungsi aljabar dan fungsi

trigonometri

Menentukan penyelesaian dari soal aplikasi turunan

fungsi

Menghitung integral tak tentu dan integral tertentu

fungsi aljabar dan fungsi trigonometri

Menghitung luas daerah dan volume benda putar

dengan menggunakan integral

6.

Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data,

mampu memahami kaidah pencacahan, permutasi,

kombinasi dan peluang kejadian serta mampu

menerapkannya dalam pemecahan masalah.

Menghitung ukuran pemusatan dari suatu data dalam

bentuk tabel, diagram, atau grafik

Menggunakan kaidah pencacahan, permutasi, dan

kombinasi untuk menyelesaikan masalah yang terkait

Menghitung peluang suatu kejadian

11. MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPS/KEAGAMAAN)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

Memahami pernyataan dan ingkarannya,

menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk,

serta mampu menggunakan prinsip logika

matematika dalam pemecahan masalah yang

berkaitan dengan penarikan kesimpulan.

Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan majemuk

Menentukan ingkaran suatu pernyataan

Menentukan kesimpulan dari beberapa premis

2.

Memahami konsep yang berkaitan dengan aturan

pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar

sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat,

sistem persamaan linier, program linier, matriks,

barisan dan deret, serta mampu menggunakannya

Menyederhanakan hasil operasi bentuk pangkat, akar, dan

logaritma

Menentukan unsur-unsur grafik fungsi kuadrat

Menentukan persamaan grafik fungsi kuadrat

Menentukan fungsi komposisi


dalam pemecahan masalah.

Menentukan fungsi invers dari fungsi sederhana

Menentukan hasil operasi aljabar akar-akar persamaan kuadrat

Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat

Menentukan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua

variabel

Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan sistem

persamaan linear dua variabel

Menentukan nilai optimum bentuk obyektif dari daerah

himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear

Merancang atau menyelesaikan model matematika dari masalah

program linear

Menyelesaikan masalah matriks yang berkaitan dengan

kesamaan, determinan, atau invers matriks

Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku pertama deret

aritmetika atau geometri

3.

Memahami limit dan turunan dari fungsi aljabar serta

mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.

Menghitung nilai limit fungsi aljabar

Menentukan turunan fungsi aljabar dan aplikasinya

4.

Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data dan

memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi

dan peluang kejadian serta mampu menerapkannya

dalam pemecahan masalah.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kaidah

pencacahan, permutasi, atau kombinasi

Menentukan nilai peluang dan frekuensi harapan suatu kejadian

Menentukan unsur-unsur pada diagram lingkaran atau batang

Menghitung nilai ukuran pemusatan dari data dalam bentuk

tabel atau diagram

Menentukan ukuran penyebaran

12. MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

Memahami pernyataan dan ingkarannya,

menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk,

serta mampu menggunakan prinsip logika

matematika dalam pemecahan masalah yang

berkaitan dengan penarikan kesimpulan.

Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan

Menentukan pernyataan yang ekuivalen dengan pernyataan

tertentu

Menentukan kesimpulan dari beberapa premis

2.

Memahami konsep yang berkaitan dengan aturan

pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar

sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat,

sistem persamaan linear, program linear, matriks,

barisan dan deret, serta mampu menggunakannya

dalam pemecahan masalah.

Menentukan hasil operasi bentuk pangkat, akar dan logaritma

dengan menggunakan sifat-sifatnya

Menentukan unsur-unsur grafik fungsi kuadrat

Menentukan persamaan grafik fungsi kuadrat

Menentukan hasil operasi aljabar akar-akar persamaan kuadrat

Menentukan persamaan kuadrat baru

Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat

Menyelesaikan sistem persamaan linear dua atau tiga variabel

Menentukan sistem pertidaksamaan linear dari daerah

penyelesaian

Merancang dan menyelesaikan model matematika dari masalah

program linear

Menentukan nilai optimum suatu fungsi objektif


Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan sifat-sifat,

operasi, determinan, atau invers matriks

Menentukan suku ke-n dan jumlah n suku pertama dari deret

aritmatika maupun deret geometri

Menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmetika

3.

Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data dan

memahami kaidah pencacahan, permutasi, dan

kombinasi, dan peluang kejadian, serta

menerapkannya dalam pemecahan masalah.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kaidah

pencacahan, permutasi, atau kombinasi

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang

kejadian

Menentukan unsur-unsur pada diagram lingkaran atau batang

Menentukan ukuran pemusatan dari data pada tabel atau

diagram

Menentukan ukuran penyebaran

13. FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan

melakukan pengukuran besaran fisika secara

langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti dan

obyektif

Membaca pengukuran alat ukur panjang (jangka

sorong) dan menentukan ketelitian hasil pengukuran

sesuai alat ukur yang digunakan

Membedakan besaran skalar dan vektor serta

menjumlah/mengurangkan besaran-besaran vektor

dengan berbagai cara

2.

Menjelaskan gej ala alam dan keberaturannya dalam

cakupan mekanika benda titik, benda tegar,

kekekalan energi, elastisitas, impuls, dan momentum

Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus

Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton

dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Menentukan hubungan besaran-besaran fisis yang

terkait dengan gaya gravitasi antar planet

Menentukan letak titik berat dari berbagai benda

homogen

Menganalisis hubungan besaran-besaran yang terkait

dengan gerak rotasi

Menjelaskan hubungan usaha dengan perubahan

energi dalam kehidupan sehari-hari dan menentukan

besaran-besaran yang terkait

Menjelaskan sifat elastisitas benda dan penerapannya

dalam kehidupan sehari-hari

Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan

hukum kekekalan energi mekanik

Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait

dengan hukum kekekalan momentum

3.

Menjelaskan prinsip dan konsep konservasi kalor

sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang

menyangkut hukum termodinamika serta

penerapannya dalam mesin kalor

Menentukan proses perpindahan kalor dan azas Black

Mendeskripsikan azas Bernoulli dalam fluida dan

penerapannya

Menjelaskan variabel-variabel pada persamaan

umum gas ideal

Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi

energi kinetik gas

Menentukan berbagai besaran fisis dalam proses

termodinamika pada mesin kalor

4.

Menerapkan konsep dan prinsip optik dan

gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah

Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan

pengamatan menggunakan mikroskop/teropong


NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

dan produk teknologi

Menjelaskan berbagai jenis gelombang

elektromagnet serta manfaatnya dalam kehidupan

sehari-hari

Menentukan besaran-besaran dan sifat gelombang

berjalan

Menjelaskan terjadinya peristiwa interferensi dan

difraksi cahaya serta menentukan besaran-besaran

yang terkait dengan peristiwa tersebut

Menentukan intensitas dan taraf intensitas dari

beberapa sumber bunyi yang identik

Menentukan besaran-besaran yang menimbulkan

efek Doppler dan menentukan perubahan akibat efek

Doppler tersebut

5.

Menjelaskan konsep dan prinsip kelistrikan dan

kemagnetan dalam kerbagai masalah dan produk

teknologi.

Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan

hukum Coulomb dan medan listrik

Menentukan berbagai faktor yang mempengaruhi

kapasitas kapasitor keping sejajar

Menentukan hasil pengukuran kuat arus dan tegangan

listrik

Menggunakan hukum Ohm dan hukum Kirchoff

untuk menentukan berbagai besaran listrik dalam

rangkaian tertutup

Menjelaskan timbulnya medan magnet induksi di

sekitar kawat berarus dan menentukan besaran‑

besaran yang mempengaruhinya

Menjelaskan timbulnya gaya magnet (gaya Lorentz)

dan menentukan besaran-besaran yang

mempengaruhinya

Menentukan kaitan besaran-besaran fisis pada

peristiwa induksi Faraday

Menentukan besaran-besaran fisis pada rangkaian

arus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor,

dan kapasitor

6.

Menjelaskan konsep dan prinsip relativitas, teori

atom, dan radioaktivitas serta penerapannya.

Membedakan teori-teori atom

Menjelaskan teori kuantum Planck dan kaitannya

dengan radiasi benda hitam

Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti

atom

Menentukan jenis-jenis zat radioaktif dan

mengidentifikasi manfaat radioisotop dalam

kehidupan

14. KIMIA SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

Menganalisis struktur atom, sistem periodik unsur

dan ikatan kimia untuk menentukan sifat-sifat unsur

dan senyawa.

Mendeskripsikan notasi unsur dan kaitannya dengan konfigurasi

elektron serta jenis ikatan kimia yang dapat dihasilkannya

Memprediksi letak unsur dalam tabel periodik

Memprediksi jenis ikatan kimia/jenis interaksi molekuler


NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

2.

Menerapkan hukum-hukum dasar kimia untuk

memecahkan masalah dalam perhitungan kimia.

Menyelesaikan perhitungan kimia yang berkaitan dengan

hukum dasar kimia

Menganalisis persamaan reaksi kimia

3.

Menjelaskan sifat-sifat larutan, metode pengukuran

dan terapannya.

Menganalisis data daya hantar listrik beberapa larutan

Mendeskripsikan konsep pH larutan

Menghitung konsentrasi asam/basa pada proses titrasi asam basa

Menganalisis sifat larutan penyangga

Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis

Menyimpulkan terbentuknya endapan/larutan dari data Ksp

Menyimpulkan sifat koligatif larutan berdasarkan data

Menganalisis diagram PT yang berkaitan dengan sifat koligatif

larutan

Menyimpulkan penerapan sifat koloid di dalam kehidupan

sehari-hari

4.

Memahami senyawa organik, gugus fungsi dan

reaksinya, benzena dan turunannya, makromolekul

serta lemak.

Menyimpulkan penerapan konsep minyak bumi yang berkaitan

dengan efisiensi BBM

Mendeskripsikan senyawa turunan alkana

Mengidentifikasi senyawa benzena dan turunannya

Menganalisa data yang berhubungan dengan polimer

Mendeskripsikan makromolekul

5.

Menentukan perubahan energi dalam reaksi kimia,

cara pengukuran dan perhitungannya.

Menyimpulkan peristiwa eksoterm/endoterm pada peristiwa

termokimia

Menentukan kalor reaksi

6.

Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia,

dan faktor-faktor yang memengaruhinya, serta

penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan

industri.

Menghitung laju reaksi berdasarkan data eksperimen

Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

Menganalisis pergeseran kesetimbangan

Menghitung harga Kc/Kp

7.

Memahami reaksi oksidasi-reduksi dan sel

elektrokimia serta penerapannya dalam teknologi dan

kehidupan sehari-hari.

Mendeskripsikan persamaan reaksi redoks

Mendeskripsikan diagram sel volta

Menerapkan hukum Faraday

Mendeskripsikan fenomena korosi

8.

Memahami karakteristik unsur-unsur penting,

terdapatnya di alam, pembuatan dan kegunaanya.

Mendeskripsikan mineral suatu unsur

Mendeskripsikan sifat unsur golongan tertentu

Mendeskripsikan cara memperoleh unsur dan kegunaannya

15. BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati,

prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat

sumber daya alam bagi kehidupan.

Menjelaskan kunci determinasi sederhana dan tata nama

binomial organisme pada keanekaragaman hayati di Indonesia

Menjabarkan konsep keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan

ekosistem

2.

Menjelaskan ciri-ciri Virus, kingdom Protista,

Monera dan Fungi serta peranannya bagi kehidupan.

Mengidentifikasi Virus, Protista, Monera dan Fungi serta

peranannya bagi manusia

3.

Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta

peranannya bagi kehidupan.

Mengidentifikasi daur hidup dan cara perkembangbiakan

Plantae meliputi tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan

tumbuhan berbiji


NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

Mendeskripsikan daur hidup Invertebrata

Membandingkan ciri-ciri hewan Chordata

4.

Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem,

aliran energi dan daur biogeokimia serta

mengkaitkannya dengan keseimbangan lingkungan

dan pelestariannya.

Mendeskripsikan komponen ekosistem, aliran energi, atau daur

biogeokimia

Menjelaskan konsep keseimbangan lingkungan dan

pelestariannya

5.

Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta

mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi

pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia.

Mengidentifikasi struktur dan fungsi sel tumbuhan dan hewan.

Mengidentifikasi jaringan dan organ pada tumbuhan beserta

fungsinya

Mengidentifikasi jaringan dan organ pada manusia beserta

fungsinya

6.

Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada

organisme hewan dan manusia serta

kelainan/penyakit yang mungkin terjadi.

Mendeskripsikan sistem gerak otot dan tulang pada manusia

Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia dan

identifikasi gangguannya

Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan

identifikasi gangguannya

Mendeskripsikan sistem pernafasan pada manusia dan

identifikasi gangguannya

Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan identifikasi

gangguannya

Mendeskrispikan sistem regulasi pada manusia dan identifikasi

gangguannya

Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia dan

identifikasi gangguannya

7.

Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi

proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi

pada tumbuhan melalui pengamatan hasil percobaan.

Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang

mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan

tumbuhan

Mengintepretasi percobaan pertumbuhan dan perkembangan

tanaman

8.

Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai

karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses

tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan

memahami teknologi yang berkaitan dengan

metabolisme.

Mengintepretasi percobaan-percobaan enzim dalam

metabolisme karbohidrat dan protein

Mendeskripsikan proses respirasi sel (proses katabolisme

karbohidrat, protein, dan lemak)

Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta

tahap-tahapnya.

9.

Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel

dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas.

Mendeskripsikan susunan nukleotida, DNA, RNA dan

kromosom

Menjabarkan proses sintesis protein

Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis dan meiosis pada

tumbuhan dan hewan

Mendeskripsikan hukum Mendel dan sistem persilangan serta

penyimpangan semu hukum Mendel

Mendeskripsikan peristiwa mutasi beserta contoh-contohnya

10.

Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya

pada perkembangan sains.

Mendeskripsikan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya

Menjelaskan fakta-fakta yang mendukung teori evolusi

Menjabarkan fenomena evolusi dan hubungannya dengan

kesetimbangan populasi


NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

11.

Menjelaskan prinsip, peran dan implikasi

Bioteknologi pada salingtemas bagi masyarakat dan

lingkungan.

Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan

lingkungan

Menjelaskan perkembangan bioteknologi konvensional dan

modern beserta contoh-contohnya

16. EKONOMI SMA/MA (PROGRAM IPS)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya

dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem

ekonomi, konsep ekonomi dalam kaitannya dengan

kegiatan ekonomi konsumen dan produsen,

permintaan, penawaran, harga keseimbangan dan

pasar.

Mendeskripsikan kelangkaan, masalah pokok

ekonomi, serta bagaimana cara mengatasinya yang

dilakukan oleh konsumen dan produsen mengacu

pada sistem ekonomi

Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta menentukan

harga keseimbangan dengan tabel, grafik, dan perhitungan

matematika

Mendeskripsikan pasar barang dan pasar sumber (input)

2.

Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang

ekonomi, Produk Domestik Bruto (PDB), Produk

Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan

Nasional (PN), inflasi, konsumsi, investasi, uang dan

perbankan.

Mendeskripsikan konsep tentang PDB, PDB harga berlaku,

PDB harga konstant, Pendapatan Nasional, inflasi serta fungsi

konsumsi dan tabungan

Mendeskripsikan uang, bank, dan kebijakan pemerintah di

bidang moneter

3.

Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya

terhadap pembangunan ekonomi, APBN dan APBD,

perekonomian terbuka, mengenal pasar modal.

Mendeskripsikan ketenagakerjaan, pembangunan, dan

pertumbuhan ekonomi serta indikatornya

Mendeskripsikan APBN dan APBD, dan kebijakan fiskal

pemerintah serta sumber-sumber pembiayaannya

Mendeskripsikan perdagangan internasional, valuta asing, dan

pasar modal

4.

Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan

jasa.

Mendeskripsikan persamaan akuntasi

Mencatat transaksi perusahaan jasa dalam jurnal dan buku besar

Membuat laporan keuangan perusahaan jasa

5.

Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan

dagang dan penutupan siklus akuntansi perusahaan

dagang.

Membuat jurnal khusus, buku besar utama, dan buku besar

pembantu perusahaan dagang

Membuat jurnal penyesuaian dan membuat kertas kerja

perusahaan dagang

Membuat laporan keuangan perusahaan dagang dan membuat

jurnal penutup

6.

Memahami manajemen badan usaha dalam

perekonomian nasional, pengelolaan koperasi dan

kewirausahaan.

Mendeskripsikan manajemen dan badan usaha termasuk

koperasi

Mengidentifikasi ciri-ciri seorang wirausahawan agar berhasil

dalam bisnisnya

17. SOSIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPS)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1

Mendeskripsikan interaksi sosial sesuai dengan nilai

dan norma yang berlaku dalam masyarakat

Mendeskripsikan interaksi sosial yang teratur berdasarkan nilai

dan norma yang berlaku dalam masyarakat


NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

2

Menjelaskan proses sosialisasi dalam pembentukan

kepribadian

Mengidentifikasi bentuk sosialisasi melalui berbagai media

dalam pembentukan kepribadian

3

Mengidentifikasi berbagai perilaku menyimpang dan

pengendalian sosial dalam masyarakat

Mengidentifikasi sebab terjadinya berbagai jenis perilaku

menyimpang dalam masyarakat

Mengidentifikasi fungsi berbagai jenis pengendalian sosial yang

dilakukan oleh lembaga pengendalian sosial

4

Menjelaskan bentuk struktur sosial dan

konsekuensinya terhadap konflik dan mobilitas sosial

Menginterpretasi gambar struktur sosial vertikal dan horizontal

dalam masyarakat

Menjelaskan proses terjadinya berbagai bentuk konflik dan cara

mengatasinya

Mendeskripsikan struktur sosial masyarakat majemuk dan

pengaruhnya terhadap integrasi sosial

Mendeskripsikan proses mobilitas sosial melalui berbagai

saluran yang ada dalam masyarakat

5

Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat

multikultural

Menjelaskan terbentuknya kelompok sosial dan terjadinya

kemajemukan dalam masyarakat

Menjelaskan perilaku primordialisme yang berkembang dalam

masyarakat multikultural

6

Menjelaskan proses perubahan sosial pada

masyarakat dan dampaknya terhadap kehidupan

masyarakat

Menjelaskan gej ala perubahan sosial yang terjadi serta

dampaknya bagi masyarakat

7

Menjelaskan peran dan fungsi lembaga sosial

Mendeskripsikan fungsi lembaga sosial utama dalam

masyarakat

8

Menyusun rancangan dan melakukan penelitian

sosial sederhana

Mendeskripsikan kerangka rancangan penelitian sosial

Mendeskripsikan proses pelaksanaan penelitian sosial serta

kegunaan laporan hasilnya

18. GEOGRAFI SMA/MA (PROGRAM IPS)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1

Menganalisis hakikat, objek, ruang lingkup, prinsip,

konsep, aspek dan pendekatan geografi.

Menjelaskan Menjelaskan penggunaan konsep dasar dan

pendekatan Geografi dalam rangka memahami fenomena

geosfer

2

Menganalisis dinamika unsur-unsur geosfer serta

kaitannya dengan kehidupan manusia.

Mendeskripsikan proses perkembangan pembentukan bumi

Menganalisis fenomena yang terjadi pada lithosfer serta

kaitannya dengan kehidupan manusia

Menganalisis fenomena yang terjadi pada pedosfer serta

kaitannya dengan kehidupan manusia

Menganalisis fenomena yang terjadi pada atmosfer serta

kaitannya dengan kehidupan manusia

Menganalisis fenomena yang terjadi pada hidrosfer serta

kaitannya dengan kehidupan manusia

Mendeskripsikan keaneka-ragaman flora dan fauna di muka

bumi sebagai potensi pendukung kehidupan

3

Menganalisis dinamika unsur-unsur sosial dalam

kehidupan sehari-hari.

Mendeskripsikan fenomena yang terjadi pada antroposfer

Mendeskripsikan potensi industri sebagai pendukung kehidupan

manusia


4

Menerapkan keterampilan dasar peta/pemetaan

dalam memahami fenomena geosfer.

Menerapkan keterampilan dasar pembuatan peta/pemetaan

fenomena geosfer

5

Memahami pemanfaatan citra dan SIG sebagai

media informasi fenomena geosfer.

Menginterpretasi Penginderaan Jauh sebagai sumber informasi

fenomena geosfer

Mendeskripsikan Sistem Informasi Geografi sebagai media

informasi fenomena geosfer

6

Menjelaskan perkembangan wilayah.

Membedakan pola keruangan dan interaksi desa-desa, desa‑

kota, dan kota-kota

Mendeskripsikan karakteristik suatu wilayah sebagai pusat

pertumbuhan di negara berkembang dan di negara maju

19. SEJARAH BUDAYA/ANTROPOLOGI SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

Menjelaskan berbagai budaya lokal, budaya asing

dan hubungan antarbudaya, serta dampak dari

keragaman budaya.

Mendeskripsikan wujud budaya lokal dan budaya asing

Mendeskripsikan hubungan antarbudaya

Mendeskripsikan dampak keragaman budaya

2.

Menjelaskan proses dinamika budaya dalam

kaitannya dengan integrasi nasional.

Mendeskripsikan tentang dinamika budaya

Mendeskripsikan pewarisan budaya

Mendeskripsikan proses integrasi nasional

3.

Mengidentifikasi peran bahasa dan dialek dalam

perkembangan budaya Indonesia.

Mendeskripsikan keragaman bahasa, dialek, dan tradisi lisan di

Indonesia

4.

Mengidentifikasi keragaman dan perkembangan seni

dalam budaya Indonesia (Seni rupa, seni sastra dan

pertunjukkan).

Mendeskripsikan keragaman bentuk dan perkembangan seni di

Indonesia

5.

Menjelaskan keragaman agama/religi/kepercayaan di

Indonesia serta hubungannya dalam kehidupan

masyarakat.

Menjelaskan keragaman agama/religi/kepercayaan di Indonesia

6.

Memahami peran dan peranan IPTEK serta

pengaruhnya terhadap perkembangan budaya

Indonesia.

Menjelaskan peran dan penerapan IPTEK di Indonesia

Menjelaskan pengaruh IPTEK terhadap perkembangan budaya

Indonesia

B. Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional Madrasah Aliyah (MA)

20. ILMU TAFSIR MA (PROGRAM KEAGAMAAN)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

Memahami arti tarjamah, tafsir dan ta’wil serta dapat

membedakan ketiga istilah tersebut.

Menjelaskan pengertian tarjamah, tafsir, dan takwil

Mengidentifikasi perbedaan tarjamah, tafsir, dan takwil

2.

Memahami dan meyakini keaslian dan kemurnian

teks al-Qur’an serta memahami proses penulisan dan

pengumpulan

al- Qur’an.

Menjelaskan bukti keaslian dan kemurnian teks

al-Qur’an

Menjelaskan proses penulisan dan pengumpulan

al-Qur’an

Menerangkan kondisi masyarakat Arab saat

al-Qur’an diturunkan

3.

Memahami Nuzul al-Qur’an dengan berbagai

aspeknya.

Menjelaskan pengertian Nuzul al-Qur’an

Menjelaskan berbagai cara turunnya al-Qur’an dan menjelaskan

hikmah turunnya secara berangsur

Menjelaskan perbedaan ayat-ayat Makkiyah dan Madaniyah


NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

Menjelaskan ayat yang pertama dan terakhir diturunkan

4.

Memahami macam-macam tafsir dan mengenal

beberapa kitab tafsir sesuai dengan macamnya.

Menjelaskan macam-macam tafsir

Menjelaskan berbagai contoh kitab tafsir sesuai dengan

macamnya

5.

Memahami, mengetahui serta menghayati macam-

macam bacaan/qiraat al Qur’an.

Menjelaskan pengertian qira’at

Menjelaskan macam-macam qira’at dan imam-imamnya

Menjelaskan manfaat perbedaan qira’at

6.

Memahami dan menghayati kaidah-kaidah yang

harus dikuasai oleh mufassir.

Menjelaskan pengertian dhamir; ta’rif dan tankir; ifrad dan

jamak; soal dan jawab; serta mutaradifat dalam al-Qur’an

Mengidentifikasi penggunaan dhamir; ta ’rif dan tankir; ifrad

dan jama’; soal dan jawab; serta mutaradifat dalam al-Qur’an

21. ILMU HADIS MA (PROGRAM KEAGAMAAN)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

Menjelaskan pengertian ilmu hadis, macam-

macamnya, faedah mempelajarinya dan

menyebutkan penyusunnya.

Menjelaskan pengertian ilmu hadis dan hal yang terkait dengan

pembagiannya, faedah mempelajarinya, serta para penyusun

ilmu hadis

2.

Menjelaskan sejarah perkembangan hadis dari

periode periwayatan dengan lisan hingga penulisan

dan pembukuan hadis.

Menjelaskan sejarah hadis pada periode nabi dan sebab-sebab

pembatasan periwayatan hadis

Menjelaskan sejarah hadis pada periode penulisan dan

pembukuan hadis

3.

Menjelaskan macam-macam cara penerimaan dan

periwayatan hadis (at-tahamul wa al-ada’) dan lafal-

lafal yang digunakan untuk meriwayatkan hadis

(alfadz at-tahamul wa al-ada’).

Menjelaskan cara-cara penerimaan dan periwayatan hadis dan

mengidentifikasi ungkapan yang menunjukkan penerimaan dan

periwayatan hadis

Menjelaskan dan mengidentifikasi lafal-lafal penerimaan dan

periwayatan hadis

4.

Menjelaskan hadis mutawatir dan hadis ahad.

Menjelaskan pengertian hadis mutawatir, pembagiannya, beserta

contohnya

Menjelaskan pengertian hadis ahad, pembagiannya, beserta

contohnya

5.

Menjelaskan hadis sahih, hadis hasan dan hadis

dha’if serta klasifikasinya.

Menjelaskan batasan hadis sahih dan contohnya

Menjelaskan batasan hadis hasan dan contohnya

Menjelaskan batasan hadis dhoif dan contohnya

6.

Menjelaskan hadis qudsi.

Menjelaskan batasan hadis qudsi dan contohnya

7.

Menjelaskan hadis maqbul dan hadis mardud.

Menjelaskan batasan hadis maqbul dan contohnya

Menjelaskan batasan hadis mardud dan contohnya

8.

Menjelaskan pengertian ilmu rijalul hadis dan al-jarh

wa al-ta ’dil.

Menjelaskan ilmu rijalul hadis

Menjelaskan penerapan al-Jarh wa al-Ta ’dil

9.

Menjelaskan biografi singkat para pentakhrij atau

periwayat hadis.

Menjelaskan riwayat hidup singkat para imam hadis

Menjelaskan pembagian jenis kitab-kitab hadis

22. ILMU KALAM MA (PROGRAM KEAGAMAAN)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1

Menjelaskan pengertian, objek pembahasan, nama-

Menjelaskan pengertian Ilmu Kalam dan objek pembahasannya


nama, fungsi, dan sifat Ilmu Kalam.

Menyebutkan nama-nama lain Ilmu Kalam dan menjelaskan

sebab penamaannya

Menjelaskan fungsi Ilmu Kalam

2

Menjelaskan aqidah pada masa Nabi Muhammad

dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya Ilmu

Kalam.

Menjelaskan aqidah pada masa nabi Muhammad.

Menjelaskan aqidah pada masa Sahabat dan Tabi’in

Menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya Ilmu

Kalam

3

Menjelaskan aliran-aliran dalam Ilmu Kalam, tokoh-

tokoh dan ajaran-ajarannya.

Menjelaskan faktor-faktor penyebab timbulnya aliran-aliran

Kalam

Menjelaskan tokoh dan ajaran aliran Khawarij

Menjelaskan tokoh dan ajaran aliran Qadariyah dan Jabariyah

Menjelaskan tokoh dan ajaran aliran Murji’ah

Menjelaskan tokoh dan ajaran aliran Mu’tazilah

Menjelaskan tokoh dan ajaran aliran Asy’ariyah

Menjelaskan tokoh dan ajaran aliran Maturidiyah

Menjelaskan tokoh dan ajaran aliran Salafiyah

4

Menjelaskan perkembangan aliran Kalam Mu’tazilah

dan Asy’ariyah.

Mendeskripsikan kejayaan dan kemunduran aliran Mu’tazilah

Mendeskripsikan kejayaan aliran Asy’ariyah

Mendeskripsikan faktor penyebab kejayaan/ kemunduran aliran

Mu’tazilah dan Asy’ariyah

5

Membandingkan persoalan-persoalan pokok Ilmu

Kalam menurut aliran-aliran Kalam.

Membandingkan pendapat aliran-aliran Kalam tentang

kedudukan Iman dan Kufur

Membandingkan pendapat aliran-aliran Kalam tentang

kedudukan Wahyu dan Akal

Membandingkan pendapat aliran-aliran Kalam tentang

persoalan kehendak, kekuasaan dan perbuatan Tuhan

Membandingkan pendapat aliran-aliran Kalam tentang

persoalan kehandak, kekuasaan dan perbuatan manusia

Membandingkan pendapat aliran-aliran Kalam tentang

persoalan Kalamullah (Firman Allah)

Membandingkan pendapat aliran-aliran Kalam dalam persoalan

sifat-sifat dan zat Tuhan

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL, TTD

BAMBANG SUDIBYO