KECERDASAN EMOSI (EQ)


KECERDASAN EMOSI (EQ)

Kecerdasan emosi sangat penting perannya bagi kesuksesan hidup. Tidak seperti IQ, kecerdasan emosi (EQ) ternyata bisa dilatih dan ditingkatkan. Caranya: Milikilah 7 ketrampilan berikut:
(1) Mengenali emosi diri. Cobalah identifikasi apa yang Anda sedang rasakan atau emosi apa yang sedang ada dalam pikiran Anda: takut, marah, kecewa, kesepian, dsb.
(2) Melepaskan emosi negatif. Lepaskan emosi negatif karena menghambat terwujudnya potensi terbaik Anda dan bahkan membawa dampak negatif bagi orang lain.
(3) Mengelola emosi diri. Inilah bentuk pengendalian diri yang paling penting. Ada beberapa langkah dalam mengelola emosi: (a) menghargai emosi dan menyadari dukungannya kepada Anda, (b) berusaha mengetahui pesan yang disampaikan emosi, dan meyakini bahwa kita pernah berhasil menangani emosi Ini sebelumnya, (c) dengan gembira mengambil tindakan untuk menanganinya.
(4) Memotivasi diri sendiri. Ketrampilan memotivasi diri memungkinkan terwujudnya kinerja yang tinggi di segala bidang, sehingga orang yang memiliki ketrampilan ini cenderung jauh lebih produktif dan efektif dalam berkarya.
(5) Mengenali emosi orang lain. Artinya kita memiliki empati terhadap apa yang dirasakan orang. Ketrampilan ini membuat kita lebih efektif dalam berkomunikasi (komunikasi empatik) dan merupakan dasar dalam berhubungan dengan manusia secara efektif.
(6) Mengelola emosi orang lain. Ketrampilan ini merupakan pilar dalam membina hubungan dengan orang lain sebab hubungan umumnya dibangun atas dasar emosi yang muncul dari interaksi antar manusia. Dengan ketrampilan ini kita mampu membangun hubungan antar pribadi yang kokoh dan berkelanjutan.
(7) Memotivasi orang lain. Ketrampilan ini adalah kelanjutan dari ketrampilan mengenali dan mengelola emosi orang lain. Ini adalah bentuk lain dari kemampuan kepemimpinan, yaitu kemampuan menginspirasi, mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini erat kaitannya dengan kemampuan membangun kerja sama tim yang tangguh dan andal.